Macam macam sistem pendingin dan komponennya
SISTEM PENDINGIN
Mesin sepeda motor 2 tak maupun 4 tak termasuk motor bakar, yaitu pesawat yang
merubah energi kimia bahan bakar menjadi energi mekanik melalui proses
pembakaran. Proses pembakaran didalam silinder menghasilkan panas dan tekanan,
tidak semua tenaga panas dirubah menjadi tenaga mekanik, karena bagian yang
bersentuhan dengan panas pembakaran seperti piston, dinding silinder, busi, katup
dan sebagainya perlu proses pendinginan, agar pemuaian tidak berlebihan sehingga
terjadi keausan bahkan macet.
Energi panas yang dirubah menjadi energi mekanik pada motor bensin sekitar 25 %,
sedangkan sisanya hilang karena pendinginan 32 %, ke gas buang 34 %, gesekan 6%
dan untuk penggerak pompa atau alternator sebesar 3 %.
Macam Sistem Pendingin
Sistem pendingin sepeda motor dapat diklasifikasikan menjadi 2 kelompok, yaitu:
1. Sistem pendinginan udara
Yaitu sistem pendinginan yang menggunakan udara sebagai fluida pendingin.
Sistem pendinginan udara dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu sistem
pendinginan udara secara alami (natural air cooling system), dan sistem
pendinginan udara secara paksa (Forced air cooling system). udara
Yaitu sistem pendinginan yang menggunakan udara sebagai fluida pendingin.
Komponen utama sistem pendingin udara adalah sirip pendingin, semakin luas
sirip pendingin semakin efektif pembuangan panas, namun semakin luas sistem
pendingin suara mesin semakin kasar akibat resonasi suara yang dihasilkan sirip
pendingin. Guna mengatasi hal tersebut maka pada sirip pendingin dipasang
karet peredam suara. Upaya lain yang dilakukan untuk meningkatkan efektifitas
pendinginan adalah menggunakan sistem pendingin paksa. Pada sistem
pendinginan udara paksa digunakan kipas pendingin untuk membantu
meningkatkan sirkulasi udara pendingin.
2. Sistem pendinginan air (Water cooling system)
Yaitu sistem pendinginan yang menggunakan air sebagai fluida pendingin.
Kelebihan sistem pendinginan air adalah efektifitas pendingin yang sangat baik
dan peredam suara mesin karena blok silinder dikelilingi dengan air pendingin.
Komponen Sistem Pendinginan Air
1. Air Pendingin
Air merupakan media pendingin yang mengambil panas dari mesin. Air yang telah
panas dialirkan ke radiator untuk didinginkan, setelah dingin dihisap oleh pompa
untuk disirkulasikan ke blok mesin. Guna meningkatkan efektifitas pendingin maka
air pendingin dicampur dengan water treatment anti beku (coolant). Komposisi
campuran adalah 50 % air dan 50 % coolant, dengan tambahan bahan tersebut titik
beku air dapat mencapai - 35
2. Water Jaket
Konstruksi blok silinder sepeda motor pendinginan udara berbeda dengan
pendinginan air. Sistem pendinginan air pada blok silinder dikelilingi oleh air
pendingin, kantong air pada blok silinder sering disebut water jaket.
3. Radiator
Radiator berfungsi untuk mendinginkan air pendingin yang telah panas setelah
melewati water jaket. Radiator terdiri dari tangki atas (upper tank), tangki bawah
(lower tank), inti radiator (radiator core).
4. Tutup Radiator
Tutup radiator berfungsi untuk:
a. Menutup lubang saluran pengisi air pendingin,
b. Mempertahankan tekanan didalam sistem pendingin lebih tinggi dari tekanan
udara luar agar titik didih cairan pendingin lebih tinggi, penguapan air
pendingin lebih kecil, sehingga penambahan cairan lebih kecil pula.
c. Mengatur sirkulasi air ke reservoir tank.
5. Pompa Air Pendingin (Water pump)
Pompa air pendingin berfungsi sebagai pompa siskulasi air pendingin. Menghisap air
pendingin dari tangki bawah radiator, menekan ke water jaket, tutup radiator,
thermostat, tangki atas, radiator core, demikian seterusnya sehingga air pendingin
bersirkulasi.
6. Thermostat
Thermostat berfungsi untuk mengatur sirkulasi air pendingin dari mesin ke radiator.
Thermostat dipasang antara mesin dengan saluran atas radiataor. Saat mesin masih
dingin maka saluran air ke radiator ditutup, agar panas kerja mesin cepat terpenuhi,
setelah panas kerja mesin terpenuhi yaitu 80-90 ºC, maka thermostat akan terbuka,
sehingga air mengalir ke radiator untuk proses pendinginan.
Semoga bermanfaat slur. Share ke teman teman kalian untuk membaca blogger kami seputar pelajaran otomotif terutama sepeda motor.
Komentar
Posting Komentar