Pengertian Sistem Suspensi sepeda motor dan prinsip kerja sistem suspensi

Sistem suspensi adalah salah satu bagian pada chasis sepeda motor untuk menyerap bantingan,kejutan maupun getaran dari permukaan jalan dengan tujuan meningkatkan keamanan,kenyamanan dan stabilitas berkendara. Selain itu, sistem suspensi juga berfungsi untuk menopang body dan rangka sepeda motor untuk menjaga letak geometris antara body dan rangka sepeda motor.

PRINSIP KERJA SISTEM SUSPENSI :
1. Pada saat kendaraan melewati permukaan jalan  yang tidak rata. Kendaraan akan mengalami kejutan dan getaran yang diterima roda dari permukaan jalan, kemudian kejutan dan getaran tersebut akan diteruskan oleh roda ke sistem suspensi. Pegas suspensi akan bereaksi dengan cara melakukan gerakan ayunan kemudian dikembalikan lagi (rebound) ke roda, sehingga kejutan dan getaran tidak langsung diterima body/rangka.

2. Setelah kendaraan melewati permukaan jalan yang tidak rata gerakan ayunan pegas tetap akan berlangsung beberapa saat walaupun kendaraan telah melewati jalan yang tidak rata. Keadaan ini membuat pengendaraan tidak nyaman dan berbahaya.

3. Untuk mengatasi hal ini, peredam kejut atau shock absorber dipasangkan pada sistem suspensi, dimana peredam kejut akan bekerja menyerap kelebihan ayunan (osilasi) pegas sehingga pengendalian akan terasa stabil.

Oleh karena itu, unit sistem suspensi biasanya merupakan gabungan antara pegas dan peredam kejut.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komponen karburator dan fungsinya

Pengertian sistem gas buang dan komponen gas buang sepeda motor